Asesmen Nasional Hari Pertama : log out teruss !

Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) atau yang kerap kali disebut Asesmen Nasional merupakan program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (KEMENDIKBUDRISTEK) sejak 2019 lalu. Asesmen ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan input, proses, dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan termasuk MTs Terpadu Alam Jamur. Asesmen Nasional dilaksanakan dengan tiga instrumen, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Literasi dan Numerasi, Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar. ANBK sendiri berfungsi untuk mengukur tingkat literasi membaca dan literasi matematika atau numerasi siswa. Sedangkan, Survei Karakter mengukur atau mengetahui sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter siswa secara jujur. Sedangkan Survei Lingkungan Belajar mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan.

MTs Terpadu Alam Jamur melaksanakan ANBK secara mandiri dengan menggunakan mode daring/online di Laboratorium yang diikuti oleh siswa-siswi kelas VIII (delapan). Hari pertama pelaksanaan asesmen berjalan dengan lancar meskipun beberapa usser terkendala log out akibat gangguan dari provider. Peserta didik yang sebelumnya sudah melaksanakan gladi bersih mampu menyelesaikan kendala tersebut atas arahan dari proktor, teknisi dan pengawas ruangan  dengan tenang. MTs Terpadu Alam Jamur yang tergabung dalam sub rayon IX juga melaksanakan pengawasan silang. Dimana pengawas dari sekolah kami mengawas di dua sekolah berbeda yaitu SMP Cipta Dharma dan MTs Karakter Mutiara Bunda Bali.

Asesmen ini dirancang untuk menghasilkan informasi akurat untuk memperbaiki proses belajar-mengajar serta mutu dari satuan pendidikan baik dari segi pembelajaran maupun sarana dan prasarana terutama di MTs Terpadu Alam Jamur melalui rapot pendidikan yang nanti akan dijadikan acuan perbaikan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *